penyakit tidak menular

PERINGATAN TERHADAP PENYAKIT TIDAK MENULAR

Secara garis besarnya saja penyakit dibagi menjadi dua yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Negara kita yang masih belum bisa mengatasi dengan tuntas penyakit-penyakit menular dipusingkan dengan meningkatnya kasus-kasus penyakit tidak menular dari tahun ke tahun.

Penyakit tidak menular (PTM) meningkat banyak disebabkan oleh gaya hidup modernisasi dan globalisasi. Masih tingginya konsumsi tembakau atau rokok dan juga alkohol adalah salah satunya. Selain itu pola makan yang tidak seimbang dengan tingginya konsumsi makanan berlemak serta kurangnya konsumsi buah dan sayur. Kurangnya aktivitas fisik dan kondisi sekitar yang tidak memadai juga sangat berpengaruh.

Selain pola makan yang tidak seimbang juga ditambah lagi pemakaian bahan makanan yang tidak tepat. Bahan makanan tambahan seperti bahan pengawet dan pewarna makanan sudah semakin banyak digunakan baik yang aman maupun yang membahayakan tubuh. Kanker, kerusakan hati dan ginjal disebabkan oleh pemakaian bahan tambahan yang berlebihan dan berkepanjangan.

Beberapa PTM yang banyak terjadi di masyarakat adalah Penyakit Jantung Koroner, Hipertensi, Diabetes, Stroke dan Kanker. Penyakit jantung koroner adalah penyakit penyebab kematian paling tinggi di Negara kita. Diabetes dan stroke yang dulu merupakan penyakit kota sudah merambah marambah daerah pedesaan dan juga mulai timbul pada usia yang lebih dini.

Pembiayaan pengobatan terhadap PTM sangat mahal dan tidak semua lapisan masyarakat dapat menjangkau. Pencegahan PTM sebenarnya mudah dan murah, hanya sering dilupakan atau tidak dihiraukan oleh masyarakat. Upaya pencegahan PTM harus diupayakan semaksimal mungkin oleh masyarakat disamping pemerintah sebagai pihak yang ikut bertanggung jawab.

Pengaturan pola makan yang seimbang dan ditambah dengan aktivitas fisik atau olahraga teratur harus dioptimalkan. Racun tubuh seperti rokok dan alcohol harus dihentikan. Bahan makanan tambahan (pengawet dan pewarna) sedapat mungkin dihindari diganti dengan bahan makanan alami.
Pembiayaan pengobatan terhadap PTM sangat mahal dan tidak semua lapisan masyarakat dapat menjangkau.

Slogan lama tetapi harus tetap kita ingat adalah mencegah lebih baik daripada mengobati. (hw)

www.ilmusehat.com

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 6 Standar Gambar (JISC, NNI, DIN, SNI, ANSI, ISO) dan 10 Peralatan Dasar Gambar Teknik

Mau Membongkar Kepala Silinder Sepeda Motor 4tak? Berikut ini SOP nya

Berikut 5 Pengertian dan Fungsi SIngkat Perkembangan Sistem Pengapian pada Kendaraan Bermotor