Skip to main content

penyakit tidak menular

PERINGATAN TERHADAP PENYAKIT TIDAK MENULAR

Secara garis besarnya saja penyakit dibagi menjadi dua yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Negara kita yang masih belum bisa mengatasi dengan tuntas penyakit-penyakit menular dipusingkan dengan meningkatnya kasus-kasus penyakit tidak menular dari tahun ke tahun.

Penyakit tidak menular (PTM) meningkat banyak disebabkan oleh gaya hidup modernisasi dan globalisasi. Masih tingginya konsumsi tembakau atau rokok dan juga alkohol adalah salah satunya. Selain itu pola makan yang tidak seimbang dengan tingginya konsumsi makanan berlemak serta kurangnya konsumsi buah dan sayur. Kurangnya aktivitas fisik dan kondisi sekitar yang tidak memadai juga sangat berpengaruh.

Selain pola makan yang tidak seimbang juga ditambah lagi pemakaian bahan makanan yang tidak tepat. Bahan makanan tambahan seperti bahan pengawet dan pewarna makanan sudah semakin banyak digunakan baik yang aman maupun yang membahayakan tubuh. Kanker, kerusakan hati dan ginjal disebabkan oleh pemakaian bahan tambahan yang berlebihan dan berkepanjangan.

Beberapa PTM yang banyak terjadi di masyarakat adalah Penyakit Jantung Koroner, Hipertensi, Diabetes, Stroke dan Kanker. Penyakit jantung koroner adalah penyakit penyebab kematian paling tinggi di Negara kita. Diabetes dan stroke yang dulu merupakan penyakit kota sudah merambah marambah daerah pedesaan dan juga mulai timbul pada usia yang lebih dini.

Pembiayaan pengobatan terhadap PTM sangat mahal dan tidak semua lapisan masyarakat dapat menjangkau. Pencegahan PTM sebenarnya mudah dan murah, hanya sering dilupakan atau tidak dihiraukan oleh masyarakat. Upaya pencegahan PTM harus diupayakan semaksimal mungkin oleh masyarakat disamping pemerintah sebagai pihak yang ikut bertanggung jawab.

Pengaturan pola makan yang seimbang dan ditambah dengan aktivitas fisik atau olahraga teratur harus dioptimalkan. Racun tubuh seperti rokok dan alcohol harus dihentikan. Bahan makanan tambahan (pengawet dan pewarna) sedapat mungkin dihindari diganti dengan bahan makanan alami.
Pembiayaan pengobatan terhadap PTM sangat mahal dan tidak semua lapisan masyarakat dapat menjangkau.

Slogan lama tetapi harus tetap kita ingat adalah mencegah lebih baik daripada mengobati. (hw)

www.ilmusehat.com

Comments

Popular posts from this blog

Inilah 6 Standar Gambar (JISC, NNI, DIN, SNI, ANSI, ISO) dan 10 Peralatan Dasar Gambar Teknik

1.       Standar Gambar Teknik Standar gambar teknik merupakan suatu keseragaman yang telah disepakati bersama dengan tujuan untuk menghindari salah pengertian dalam komonikasi teknik. Orang-orang terkait dalam bidang gambar teknik perlu mengetahui tentang standar. Orang-orang terkait tersebut antara lain siswa pada kelompok teknologi dan industri, para perencana produk, operator mesin, operator perakitan, mekanik dan pengontrol mutu dari suatu produk/mesin. Standar gambar teknik dapat diberlakukan di dalam lingkungan perusahaan, antar perusahaan/industri di dalam suatu negara, bahkan standar gmbar teknik dapat diberlakukan pada industri antar negara yang dikenal dengan Standar Internasional atau disingkat SI. Negara-negara yang sudah membuat standar antara lain : a.       Japanese Industrial Standart (JIS)      Lebih lengkapnya :   JISC b.       Nederland Normalisatie Instituut (NNI)      Lebih lengkapnya:   NNI c.    

Mau Membongkar Kepala Silinder Sepeda Motor 4tak? Berikut ini SOP nya

Halo sobat, bertemu lagi dengan saya, terimakasih telah berkunjung di blog saya. kali ini saya akan berbagi tentang jobsheet pembongkaran karburator konvensional sepeda motor. di dalam praktikum, diperlukan jobsheet agar siswa dapat melakukan pembongkaran sesuai dengan SOP. Hal ini dilakukan agar komponen dari sepeda motor tidak rusak atau salah memasang. berikut ini jobsheetnya Pembongkaran Kepala Siliner Sepeda Motor 4tak Tujuan: - Setelah   melakukan praktikum   ini,   siswa   diharapkan dapat melakukan pembongkaran, pemasangan serta pengukuran Kepala Silinder beserta kelengkapan Sepeda Motor 4tak dengan baik dan benar  - Setelah   melakukan   praktikum ini,   siswa   diharapkan   dapat mengetahui komponen dan fungsi komponen kepala silinder pada   sepeda motor 4 tak   dengan   baik dan benar.   Keselamatan Kerja :  - Tidak bergurau saat melakukan praktikum - Jauhkan benda-benda yang mudah terbakar - Bersihkan kembali peralatan yang kotor - M

Berikut 5 Pengertian dan Fungsi SIngkat Perkembangan Sistem Pengapian pada Kendaraan Bermotor

A.          Sistem Pengapian Suatu mesin dapat menghasilkan tenaga disebabkan didalam mesin tersebut terjadi pembakaran. Mesin bertenaga panas menghasilkan pembakaran yang dirubah menjadi tenaga mekanik, disebut motor bakar. Motor bakar ada beberapa macam salah satunya adalah motor bensin. Pada motor bensin energi panas diperoleh dari hasil pembakaran campuran bensin dan udara di dalam silinder. Proses pemba k aran pada motor bensin dimulai adanya loncatan bunga api. Pada motor bensin , gas yang masuk ke dalam silinder adalah campuran antara udara dan bensin, campuran ini selanjutnya dibakar untuk menghasilkan tekanan pembakaran yang nantinya dirubah menjadi daya mekanis. Sistem yang digunakan adalah sistem pengapian listrik, dimana untuk menghasilkan percikan api digunakan tegangan listrik sebagai pemercik. Karena pada motor bensin proses pembakaran dimulai oleh loncatan api tegangan tinggi yang dihasilkan oleh busi, beberapa metode diperlukan untuk menghasilkan arus tegang